Artikel Terkait

Mencegah Infeksi Telinga dengan Memanfaatkan Bawang Putih

Selama ini, kebanyakan orang menganggap bawang putih hanya berguna sebagai bumbu masakan. Padahal dibalik anggapan itu tersimpan kasiat yang begitu menakjubkan dari si bawang putih. Salah satu dari berbagai macam-macam manfaat bawang putih adalah untuk kesehatan. Bawang putih dapat kita manfaatkan sebagai bahan herbal untuk alternatif kesehatan.
Bawang putih
Jika kita menkonsumsinya secara rutin bawang putih bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C, B6, serat, potasium dan kalsium. Bawang putih mengandung senyawa kimia yang bermanfaat bagi manusia antara lain sulfur, allicin, alli dan minyak atsiri yang dapat menjadi antibakteri dan antiseptik bagi tubuh manusia.

Biasanya saat seseorang menderita sakit telinga akan memeriksakan telinganya pada dokter THT, maka dokter akan memberikannya antibiotik. Tapi, itu bukan satu-satunya solusi untuk penyembuhan infeksi telinga. Infeksi telinga diakibatkan karena adanya cairan yang terkumpul di bagian tengah telinga.

Untungnya, dengan memanfaatkan berbagai kasiat dari bawang putih infeksi telinga dapat teratasi. Sehingga bagi orang yang enggan pergi ke dokter dapat menggunakan bawang putih sebagai pengobatan herbal.

Dengan menggunakan bawang putih berbagai manfaat yang kita peroleh untuk telinga antara lain:
"Menghilangkan rasa nyeri pada telinga
"Menyembuhkan infeksi telinga
"Menguatkan sistem imun 
"Melunakkan kotoran telinga
Ketika telinga terasa sakit dengan memberikannya bawang pada telinga didiamkan sekitar 30 menitan, maka rasa nyeri pada telinga akan terasa lebih mendingan reda.

Kemudian menggunakan bawang putih secara rutin pada telinga yang sakit juga dapat mencegah dan menyembuhkan infeksi telinga.

Dan juga bawang putih dapat menguatkan sistem imun atau daya tahan pada telinga agar telinga tetap terjaga kesehatannya.

Selain itu, bawang putih juga dapat melunakkan kotoran yang tertimbun dalam telinga sehingga memudahkan telinga untuk dibersihkan.

Cara penggunannya adalah irisan bawang putih diletakkan pada lubang telinga, mengirisnya jangan terlalu kecil atau ukurannya yang lebih besar dari lubang telinga. Kalau ingin lebih berhati-hati diikat lebih dahulu dengan benang kalau jika nanti kemasukan ke dalam lubang telinga dapat ditarik ke luar dengan benang tersebut.

Banyak orang yang rela mengonsumsi bawang putih yang masih mentah 1 hingga 2 siung tiap hari secara rutin. Karena bawang putih juga dipercaya sebagai terapi pencegahan berbagai macam penyakit.

Bagi Anda yang ingin mengikuti terapi ini, saya sarankan sebelum mengkonsumsi perut usahakan tidak kosong atau diisi dahulu, sebab dikhawatirkan bagi penderita maag akan sedikit terasa kambuh akibat dari bawang mentah tersebut.

Saya sendiri juga belum nengerti apa penyebabnya entah dari kandungan bawang mentah yang kaya akan vitamin C nya atau dari kandungan lainnya. Banyak sekali manfaat dari bawang putih selain untuk telinga yaitu:
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengatasi rambut rontok
  • Meredakan infeksi, radang dan pilek
  • Menjaga kesehatan otak
  • Mencegah tekanan darah tinggi
  • Mengendalikan hipertensi
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menurunkan resiko kanker
Nah, itulah macam-macam dari manfaat bawang putih untuk kesehatan telinga semoga artikel ini berguna bagi Anda yang sudah membacanya sekian.

Sumber: kompas.com, hellosehat.com




Artikel yang Sering Dibaca

Cara atau Tips Menghilangkan Bau Apek Beras

Benarkah Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Berendam Air Hangat

Mengatasi Gangguan Kesehatan Ringan dengan Cara Terapi Makanan

Berkali-kali Keluar Bercak Darah Seperti Haid atau Menstruasi Bukan Selalu Penyakit Ternyata Tanda Kehamilan

Cara Berhati-hati dari Najis Ketika Memandikan Bayi di Bak

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Perut Buncit Susah Sekali Rata

Bagaimana Mengajari Anak Bergaul atau Bersosialisasi dengan Temannya

Blogger Sebagai Job atau Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Beberapa Alasan Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger