Artikel Terkait

Cara atau Tips Menghilangkan Coretan Krayon Pada Dinding

Ilustrasi gambar
Assalamualaikum
Bagi para orang tua yang anaknya masih kecil-kecil biasanya antara umur dua sampai tiga tahunan, pada usia-usia ini anak suka sekali corat-coret di sembarang tempat. Sebagai orang tua kita tidak bisa langsung menegur atau memarahinya terkadang kita justru membiarkan si anak mencoreti dinding dengan leluasanya.

Saya sendiri juga begitu sobat, padahal di rumah sudah saya sediakan papan tulis dan buku-buku gambar malahan si kecil tidak mau memakainya dia lebih suka mencoreti dinding daripada papan tulis dan buku. Tapi, tidak mengapa lah, itu mungkin sebagai wujud dari bentuk ekspresi si anak. Saya khawatir kalau terusan dimarahi jadinya anak tidak dapat berkreatifitas, makanya saya biarkan saja dia mencorat sana coret sini.

Merasa sebal kadang ya juga sih, kalau teringat dinding yang masih barusan dicat sudah penuh dengan coretan. Yang bikin sebal adalah biaya pengecatan yang nggak sedikit. Dinding yang penuh coretan kalau dicat lagi pasti membutuhkan biaya banyak. Dalam pikiran saya karena coretan dari krayon yang tebuat dari parafin ini susah sekali dihilangkan.

Eh, akan tetapi sekarang saya sudah tidak lagi sebal sobat. Baru-baru ini ada yang mengatakan pada saya kalau odol atau pasta gigi bisa dipakai untuk membersihkan coretan krayon di dinding. Sebelumnya saya masih agak ragu-ragu apakah benar odol dapat menghilangkan coretan krayon. 

Ini ada sedikit pengalaman sobat, beberapa tahun yang lalu anak pertama pernah nyoretin tembok rumah tantenya. Pada waktu itu pasti saya merasa nggak enak atau dibilang sungkan begitu ya. Dan saya langsung minta maaf kepada ipar saya. Dia bilang, "Nggak apa-apa dik, ini memang mau dicat lagi".

Kemudian langsung saya ambil kain bersih yang sudah saya basahi saya usap-usapkan ke dinding maksud saya untuk mengelap yang ada coretannya tadi. Tapi apa yang terjadi sobat dinding bukannya tambah bersih malah coretan warna-warni dari krayon melebar di tembok. Ini sangat konyol, saya semakin malu karena justru saya yang nambah-nambahin noda di dindingnya kayak nggak mau kalah sama anak hehe.

Kita kembali lagi ke sekarang, saya sudah pernah mencobanya ternyata itu memang benar, kalau dinding bisa bersih kembali hanya dengan pakai odol atau pasta gigi.  Anda tak perlu khawatir seperti pengalaman saya yang dulu. Tapi kita harus tetap berhati-hati ketika membersihkannya. Caranya seperti ini sobat, alat yang perlu kita siapkan hanya lap bersih atau tisu bisa diganti dengan spon dan odol tentunya.

Langkah pertama coretan krayon pada dinding diolesi atau dilumuri odol terlebih dahulu secara merata. Lalu kita usap dengan lap bersih atau tisu. Jika belum bersih dilakukan berulang-ulang.

Yang kedua kemudian ambilah lap yang sudah dibasahi, usapkan ke dinding yang tadi atau spon basah yang sudah dikasih sabun pembersih misalnya sabun pembersih piring. Jika masih ada bekas-bekas kotoran warna dari krayon perlu diulang beberapa kali. Namun, caranya harus tetap hati-hati karena ada cat yang luntur dengan air agar cat atau warna dindingnya tidak rusak.

Kemudian yang terakhir tinggal mengeringkan tembok bisa memakai lap kering bersih atau tisu terserah. Ingat, jangan memakai lap atau alat yang kasar agar permukaan dan kebersihan dinding tetap terjaga. Cat dinding atau tembok Anda akan kembali seperti sediakala, Anda tak perlu lagi merogoh anggaran rumah tangga.
Sekian Wassalam

Artikel yang Sering Dibaca

Cara atau Tips Menghilangkan Bau Apek Beras

Benarkah Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Berendam Air Hangat

Mengatasi Gangguan Kesehatan Ringan dengan Cara Terapi Makanan

Berkali-kali Keluar Bercak Darah Seperti Haid atau Menstruasi Bukan Selalu Penyakit Ternyata Tanda Kehamilan

Cara Berhati-hati dari Najis Ketika Memandikan Bayi di Bak

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Perut Buncit Susah Sekali Rata

Bagaimana Mengajari Anak Bergaul atau Bersosialisasi dengan Temannya

Blogger Sebagai Job atau Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Beberapa Alasan Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger