Artikel Terkait

Cara atau Tips Aman Menyusui Saat Flu Menyerang Ibu

Assalamualaikum
Pada saat awal-awal flu menyerang bersin tiada henti, batuk, pilek bahkan disertai demam. Dalam keadaan seperti ini, minum obat pereda flu lalu cukup dengan istirahat tidur cara ini memang ampuh agar kondisi kita cepat sembuh. Akan tetapi lain bagi seorang ibu yang sedang menyusui. Flu merupakan hal yang paling menyiksa tapi harus tetap sabar ya ibu.

Walau Anda merasa tidak enak badan atau flu sedang menyerang Anda harus tetap menyusui karena bayi kita sangat membutuhkan ASI. Namun, pernahkah Anda merasa khawatir apabila kita sedang flu bayi kita akan tertular. Apalagi bayi yang masih berusia 0-6 bulan yang dalam program ASI eksklusif.

Bukankah kadang-kadang kita merasa capek, apalagi si kecil mintanya disusui tiap satu jam sekali. Belum lagi resiko tertular karena posisi ibu yang sedang menyusui harus berhadapan langsung dengan si kecil. Rasanya sulit sekali kalau menghindari si kecil untuk tidak berhadapan langsung memeluk dan menciumnya.

Banyak ibu yang merasa ragu saat flu menyerang apakah tetap aman jika tetap menyusui si kecil karena virus bisa cepat menular melalui udara dan sentuhan. Pada kenyataannya, justru bayi harus tetap disusui secara intensif. Bayi sangat membutuhkan antibodi yang terdapat dalam ASI terutama dalam masa program ASI eksklusif agar tidak mudah tertular virus.

Hal-hal yang perlu kita lakukan adalah kita mungkin harus lebih menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh dan menyusui si kecil. Karena tangan merupakan bagian tubuh yang mudah menulari virus dan bakteri, maka kita pastikan kondisi tangan selalu bersih saat menggendong si kecil.

Kemudian ada juga langkah yang cukup aman yaitu dengan memakai masker karena dapat menghindari kontak langsung virus dan bakteri pada bayi terutama jika Anda pilek dan bersin serta batuk. Bila perlu, apabila di rumah ada orang yang membantu untuk mengurangi kontak langsung kita dapat memompa ASI untuk diberikan pada si kecil.

Untuk sementara waktu, Anda juga perlu pisah ranjang untuk si kecil. Kita bisa minta bantuan pada suami untuk menjaga si kecil menemani tidur sepanjang malam atau pada orang rumah. Tapi, kita pastikan dulu mempunyai cukup ASI perah yang disediakan. Saat si kecil haus tengah malam sang ayah dapat memberikannya pakai dot atau sendok. Anda pun dapat lebih leluasa beristirahat sepanjang malam untuk memulihkan kondisi Anda agar segera sembuh.
Sekian Wassalam

Artikel yang Sering Dibaca

Cara atau Tips Menghilangkan Bau Apek Beras

Benarkah Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Berendam Air Hangat

Mengatasi Gangguan Kesehatan Ringan dengan Cara Terapi Makanan

Berkali-kali Keluar Bercak Darah Seperti Haid atau Menstruasi Bukan Selalu Penyakit Ternyata Tanda Kehamilan

Cara Berhati-hati dari Najis Ketika Memandikan Bayi di Bak

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Perut Buncit Susah Sekali Rata

Bagaimana Mengajari Anak Bergaul atau Bersosialisasi dengan Temannya

Blogger Sebagai Job atau Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Beberapa Alasan Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger