Artikel Terkait

Cara Berhati-hati dari Najis Ketika Memandikan Bayi di Bak

Sebagai ibu muda yang masih baru, biasanya ingin segera bisa memandikan bayinya.  Alangkah bahagianya ketika pertama kali kita memandikan si kecil.

Sebelum si kecil lahir hanya dapat membayangkannya bagaimana jika memandikan dan merawatnya. Kadang juga terpikir bisakah nanti seandainya dia sudah lahir.

Walau sebelumnya tidak pernah memandikan bayi ternyata kita mampu menyelesaikan. Nah, itu adalah bukti bahwa naluri kita sebagai seorang ibu.

Wajar-wajar saja mempunyai rasa takut atau kuatir karena belum pernah melakukan sebelumnya tapi kalau orang jawa bilang itu adalah ilmu katon atau ilmu yang terlihat dapat dipelajari dan dipraktikkan.

Makanya untuk anda yang masih berjaga-jaga ingin jadi seorang ibu atau yang sudah siap menyambut kehadiran si kecil, tidak ada salahnya kalian belajar dari yang sudah berpengalaman.


Misalkan kita perhatikan cara memandikan bayi yang benar, bayi yang baru dilahirkan tentu biasanya dimandikan di bak. Mulai dari menyabun dan memasukkannya ke dalam bak pasti terlihat mudah. 

Tapi, ada satu hal yang kelihatan remeh biasa disepelekan oleh sebagian orang pada saat memandikan bayi di bak tanpa memperhatikan cara berhati-hati dari najis.

Meski air kencing atau pipis bayi  tergolong najis ringan, seharusnya tetap memperhatikan caranya berhati-hati ketika sedang memandikan. Dikarenakan jika kita  terbiasa sembrono maka akan menjadi penyebab hal yang kita sendiri bahkan tidak menyadari menimbulkan kesalahan berakibat akan fatal.

Kenapa demikian, pada saat memandikan bayi sebelum disabun yang kemudian akan dibawa ke dalam baik, seharusnya kita siram atau bilas dahulu badannya terutama area bagian bawah. Ini untuk menghilangkan najis dari sisa ompol bayi atau yang habis BAB.

Walau kelihatan bersih yang sebelumnya pasti sudah dibersihkan pakai tisu basah tapi tetap saja najisnya tidak hilang kalau belum disucikan atau dicebokin dengan air. Sebab bersih itu belum tentu suci.

Najis yang tidak dihilangkan dari badan si bayi nanti akan bercampur dengan air yang ada di bak mandi. Dan kemudian apabila si kecil telah dimandikan dengan air tersebut, maka badannya akan tetap najis orang yang menggendong akan terkena najis juga.

Ini akan berakibat fatal karena kalau penggendong tidak menyadari bahwa pakaiannya terkena najis kemudian digunakan beribadah.

Suatu hari saya pernah melihat dengan mata kepala saya sendiri ada seorang ibu yang sedang memandikan anaknya di bak main cemplang cemplung tidak berpikir panjang apa akibatnya.

Oleh karena itu, saya terpikirkan untuk membuat artikel yang saya beri judul Cara Berhati-hati dari Najis Ketika Memandikan Bayi di Bak. Dan juga saya tidak mengklaim bahwa saya sudah paling benar. Namun, kita sama-sama saling mengingatkan.

Dibawah ini ada video yang memperlihatkan cara berhati-hati dari najis ketika memandikan bayi di bak. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda.

Agar lengkap tonton ya!






Artikel yang Sering Dibaca

Cara atau Tips Menghilangkan Bau Apek Beras

Benarkah Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Berendam Air Hangat

Mengatasi Gangguan Kesehatan Ringan dengan Cara Terapi Makanan

Berkali-kali Keluar Bercak Darah Seperti Haid atau Menstruasi Bukan Selalu Penyakit Ternyata Tanda Kehamilan

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Perut Buncit Susah Sekali Rata

Bagaimana Mengajari Anak Bergaul atau Bersosialisasi dengan Temannya

Blogger Sebagai Job atau Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Beberapa Alasan Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger