Artikel Terkait

Cara Membuat Minuman Herbal Jamu Beras Kencur

Jamu adalah minuman tradisional khas yang dibuat dari bahan rempah-rempah salah satunya yang kita kenal yaitu jamu beras kencur. 

Jamu beras kencur berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, menghilangkan pegal-pegal, mengembalikan stamina, juga minyak atsiri yang terkandung di dalamnya dapat mengatasi perut mulas dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Jika susah mendapatkan jamu beras kencur disekitar kita, maka kita dapat membuatnya sendiri dengan mudah. Tinggal kita memperhatikan bahan-bahan, cara mengolah dan takaran tepat yang perlu disiapkan.


Apabila Anda masih belum tahu cara pembuatannya, di bawah ini adalah cara membuat jamu beras kencur yang sangat gampang menurut versi blogierte tentunya berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Sebenarnya bahan yang paling pokok diperlukan yaitu hanya beras putih, kencur, gula atau madu, garam secukupnya. Dan bahan yang lain untuk penambah nikmat rasa atau khasiatnya, seperti jahe, daun pandan, kayu manis, cengkeh, jeruk nipis.

Tetapi di bawah ini hanya menggunakan jahe sebagai perasanya atau Anda dapat menambahnya sendiri bahan lain seperti yang telah disebutkan di atas sesuai selera Anda.

Bahan yang disiapkan
Beras putih sebanyak 100 gram
Kencur sebanyak 5 jari
Jahe sebanyak 2 jari
Gula jawa/merah 100 gram
Madu murni secukupnya
Garam sejumput
Air sebanyak 1 liter

Caranya
Beras sebelumnya dicuci dulu lalu rendamlah selama 3-4 jam. Lalu kencur dan jahe  dikupas dan cuci bersih. Kencur dan jahe  dicuci juga terlebih dahulu lalu diiris tipis-tipis, karena ini tidak ada bahan tambahan yang lain seperti pandan.

Ambillah kencurnya kemudian langsung tumbuklah atau diblender dengan memakai air yang sudah disiapkan tadi terus disaring buang ampasnya masukkan ke panci lalu potongan jahe, gula, garam kita rebus bersamaan selama 15 sampai 20 menit.

Kemudian untuk berasnya ditumbuk tidak perlu lembut-lembut ditempatkan kesaringan sedikit demi sedikit disiram dengan air kencur yang sudah jadi tadi dan lalu dicampur dijadikan satu, mengapa berasnya menyusul ini karena kita membuat beras kencur dan bukan nasi kencur.

Akan lebih nikmat jika diberi madu setelah dingin, apabila masih panas dikhawatirkan nutrisi madu yang dikandungnya akan hilang maka tidak mendapatkan manfaat yang kita inginkan. Jamu beras kencur siap diminum silahkan mencoba.


Artikel yang Sering Dibaca

Cara atau Tips Menghilangkan Bau Apek Beras

Benarkah Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Berendam Air Hangat

Mengatasi Gangguan Kesehatan Ringan dengan Cara Terapi Makanan

Berkali-kali Keluar Bercak Darah Seperti Haid atau Menstruasi Bukan Selalu Penyakit Ternyata Tanda Kehamilan

Cara Berhati-hati dari Najis Ketika Memandikan Bayi di Bak

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Perut Buncit Susah Sekali Rata

Bagaimana Mengajari Anak Bergaul atau Bersosialisasi dengan Temannya

Blogger Sebagai Job atau Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Beberapa Alasan Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger