Artikel Terkait

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Candida Albican
Gb. dari Wikipedia
Untuk yang satu ini mungkin anda pernah mengalami kecemasan dalam mengatasi keputihan, maklum bagi wanita yang sedang mengalami masalah keputihan tersebut. Keputihan yang normal memang lumrah dialami oleh setiap wanita. 

Tapi pernah nggak sich anda sempat berpikir bahwa keputihan yang anda alami, masihkah dalam kondisi normal atau kah yang sudah melampaui dalam batas kewajaran. Dengar kalimat tersebut ngeri nggak? 


Keputihan yang disebabkan oleh Candida Albican yaitu sejenis jamur, pada wanita dalam keadaan sehat atau normal jamur ini tetap ada didalam vag1na tanpa menimbulkan apapun yang merugikan. 


Akan tetapi ketika kondisi badan anda tidak sehat atau lemah, maka jamur ini akan berkembang dengan cepat, sehingga akan menimbulkan infeksi yang mengakibatkan terjadinya keputihan yang berwarna disertai rasa gatal yang berbau. 


Jika keputihan beserta infeksi ini tidak segera diobati, tentunya infeksi tersebut bisa menimbulkan infeksi yang lebih lanjut ke organ reproduksi lain misalnya mulut rahim dan rahim, maka kemungkinan terjadinya gangguan kesuburan bisa saja terjadi. 


Meskipun sering disepelekan, akan tetapi keputihan dapat membuat seorang wanita kurang percaya diri dan terganggu aktivitasnya. Keputihan sebenarnya hal yang lazim dialami oleh wanita. 


Jadi kalau daerah genital sudah terasa gatal dan panas yang disertai keluarnya lendir secara berlebihan serta sampai berbau, maka berarti keputihan sudah menyerang anda. Cermati juga warna cairan yang keluar, apakah putih, kekuningan, hijau atau bahkan kecoklatan. 
     baca juga: Tips Hamil Sehat
Kadang-kadang juga disertai nyeri pada saat berhubungan int1m tapi ini jarang terjadi. Sebab perlu diingat bahwa tidak semua wanita yang mengalami keputihan akan mengalami semua gejala ini sekaligus. 


Sedangkan jika dari vag1na keluar lendir, tapi tidak sampai menunjukkan gejala-gejala diatas, maka sebenarnya itu adalah hal yang normal. Kondisi normal ini biasanya terjadi sekitar saat sebelum dan sesudah menstruasi, pada saat sedang terangs4ng secara s*ksual atau pada saat sedang mengalami stres emosional. 
Hal lain yang dapat memicu terjadinya keputihan adalah kurangnya asupan gizi atau juga tindakan memasukkan suatu benda baik secara sengaja atau tidak ke liang vag1na, seperti tampon atau pembalut, obat kontrasepsi dan alat kontrasepsi. 


Cara mengatasi dapat dilakukan dengan pengobatan anti jamur modern, baik yang berupa tablet atau kapsul yang diminum, maupun tablet vag1na yang dimasukkan kedalam vag1na. 


Untuk mengetahui lebih banyak mengenai cara pengobatan yang sesuai dengan kondisi anda, ada baiknya jika anda memeriksakan diri ke dokter, melakukan pengobatan dan meminta saran lebih lanjut kepada dokter yang memeriksa anda. 

Artikel yang Sering Dibaca

Cara atau Tips Menghilangkan Bau Apek Beras

Benarkah Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Berendam Air Hangat

Mengatasi Gangguan Kesehatan Ringan dengan Cara Terapi Makanan

Berkali-kali Keluar Bercak Darah Seperti Haid atau Menstruasi Bukan Selalu Penyakit Ternyata Tanda Kehamilan

Cara Berhati-hati dari Najis Ketika Memandikan Bayi di Bak

Kenapa Perut Buncit Susah Sekali Rata

Bagaimana Mengajari Anak Bergaul atau Bersosialisasi dengan Temannya

Blogger Sebagai Job atau Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Beberapa Alasan Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger