Artikel Terkait

Memasak Tumisan Cabe Hijau Udang dan Jamur Tiram

blogierte.blogspot.com
Assalamualaikum,
Pagi ini sedang hujan gerimis jadi cuaca terasa dingin, seperti biasanya memikirkan menu harian sambil menunggu tukang sayur di depan rumah. Setelah menentukan beberapa menu yang saya pilih, saya berencana akan membeli beberapa bahan yang digunakan untuk dimasak nanti.

Tak terasa eh...tukang sayur sudah tiba, kemudian bahan-bahan yang saya perlukan tadi segera saya cari-cari ternyata tidak ada semua Pak Sayur ini tidak membawa yang saya butuhkan. Lalu saya tanyakan padanya, "Pak, saya butuh ini bla bla masih adakah?" Dia menjawabnya, "Maaf Mbak, sudah habis". Sedikit kecewa pasti tapi tak mengapa masih bisa memilih menu yang lain.

Dalam pikiran sudah terbayang kalau nanti akan sarapan dengan menu ini dan itu. Apa boleh buat hanya bisa berencana, kita tak kuasa menentukan kehendak-Nya hehe.

Pada gerobak Pak Sayur saya lihat terdapat udang, jamur dan cabe hijau mungkin juga cocok kali ya dengan cuaca yang sekarang. Dingin-dingin lebih enak jika makanannya ada sedikit pedas-pedasnya. Tak ada rotan akar pun jadi, terus saya ambil udang, cabe hijau dan jamur tersebut.

Langsung saya bawa ke dapur untuk segera mengolahnya, bahan-bahan yang saya siapkan adalah
1/4 kilogram udang
1/4 kilogram jamur
1/4 kilogram cabe hijau
Udang dikupas cangkangnya lalu dicuci bersih seperti ini
Maaf sungutnya lupa belum dipotong kita bisa langsung memotongnya
Dan jamur dipotong potong sesuai selera dicuci sampai bersih. Kemudian cabe hijau dipotong-potong sekitar 2 centian. Nah, sekarang semua bahan sudah siap kemudian tinggal menyiapkan bumbu-bumbunya yaitu:
6 siung bawang putih dicincang
8 siung bawang merah dicincang
Kecap manis
Garam kira 1/2 sdm
Gula pasir sekitar 1 sdm

Tidak usah pakai bumbu penyedap atau micin ya, karena saya masaknya sudah terbiasa tanpa penyedap cukup dengan mengimbangkan gula dan garam rasanya pasti sudah sedap. Suami dan anak-anak pun juga sudah terbiasa, buktinya setiap hari saya masak buat mereka, mereka bilangnya enak.

Jadi masakan buatan sendiri atau masakan rumahan tentu lebih sehatkan sebab tanpa penyedap buatan. Apalagi udang atau jenis ikan sudah mengandung penyedap alami bila dikasih penyedap buatan akan terasa lebih enek menurut saya.

Langsung saja kita siapkan loyang dan tuangkan minyak goreng secukupnya. Bila minyak sudah panas masukkan bawang putih dan bawang merah yang sudah dicincang.

Sambil diaduk lalu tambahkan garam dan gulanya setelah aroma bumbunya keluar dan agak kekuningan kita masukkan cabe terlebih dahulu dan kita tutup sebentar.

Kemudian jamur juga dimasukkan ditutup sebentar sama seperti cabe tadi lalu kita masukkan udang yang terakhir tambahkan kecap manis secukupnya, kemudian kita cicipi jika rasanya sudah pas kita tuang kedalam mangkok dan masakan tumis udang, jamur tiram dan cabe hijau siap dihidangkan seperti gambar di atas.
Sekian Wassalam..

Artikel yang Sering Dibaca

Cara atau Tips Menghilangkan Bau Apek Beras

Benarkah Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Berendam Air Hangat

Mengatasi Gangguan Kesehatan Ringan dengan Cara Terapi Makanan

Berkali-kali Keluar Bercak Darah Seperti Haid atau Menstruasi Bukan Selalu Penyakit Ternyata Tanda Kehamilan

Cara Berhati-hati dari Najis Ketika Memandikan Bayi di Bak

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Perut Buncit Susah Sekali Rata

Bagaimana Mengajari Anak Bergaul atau Bersosialisasi dengan Temannya

Blogger Sebagai Job atau Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Beberapa Alasan Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger