Artikel Terkait

10 Cara Cerdas Ibu Rumah Tangga Mengatur Keungan dengan Gaji yang Pas-pasan

Gb. dari www.kompasiana.com
Hampir semua ibu rumah tangga bingung dalam mengatur keungan keluarganya, apalagi masukan keungan atau gaji yang diperolehnya yang sangat pas-pasan. Walaupun demikian kita harus tetap bersyukur atas segala rezeki yang Allah telah berikan

Jikalau tidak bersyukur nanti malahan jadi kufur jangan sampai demikian. Bukan maksud saya menggurui anda sekalian, namun tidak ada salahnya sesama manusia kita saling mengingatkan.

Dengan keungan yang menurut kita pas-pasan, mungkin kita sering kali mengalami ketakutan atau kuatir dalam pikiran kita. Kekuatiran tersebut seperti bagaimana apabila keuangan kita tidak cukup sampai nanti waktu mendapatkan gaji bulan depan.

Kalau dipikir-pikir itu bukannya sedikit pesimis, kepesimisan itu hanya akan membawa kita pada sikap yang senantiasa merasa kekurangan. Apabila sudah merasa kekurangan apa mungkin kita akan mengeluarkan sebagian dari gaji kita untuk hal-hal lain.

Bahkan kalau dibiarkan lama-kelamaan kita akan menjadi sulit untuk bersedekah. Padahal bersedekah itu penting tidak harus menunggu kaya. Yang harus kita ingat bahwa manusia selalu memiliki sifat kurang tidak akan pernah merasa puas. Maka, merasa kekurangan jangan sampai kita biarkan.

Lebih baik kita memiliki perasaan merasa kaya, masih banyak orang lain di bawah kita. Setidaknya dengan perasaan tersebut kita akan lebih optimis dibandingkan dengan pesimis yang tadi. Dengan disertai berusaha, doa dan keyakinan yang sungguh-sungguh semoga kita mendapat tambahan rezeki lainnya.

Kita kembali lagi kepada cara mengatur keuangan dengan gaji yang pas-pasan, pasti kita merasa kesulitan. Dikarenakan apabila dihitung-hitung biaya pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pemasukan. Apalagi ditambah semua barang-barang kebutuhan harganya pada naik.

Belum lagi memikirkan kebutuhan anak dan biaya-biaya lain yang semakin mahal. Namun kita tidak usah terlalu bingung kalau juga masih bingung berarti bukan ibu rumah tangga cerdas namanya. Agar sobat menjadi ibu rumah tangga yang cerdas, berikut ini adalah caranya mengatur keungan dengan gaji yang pas-pasan;

1.Memahami kebutuhan keuangan
Dalam mengatur keungan keluarga terlebih dahulu kita pahami betul berapa jumlah kebutuhan keuangan yang kita perlukan. Misalkan berapa jumlah kebutuhan uang kita dalam sebulan seperti biaya listrik, biaya air, biaya makanan dan lain-lain.

2. Menyusun rencana anggaran atau keuangan
Dengan sudah memahaminya akan kebutuhan keungan dan sekian gaji yang kita dapatkan maka kita dapat dengan mudah menyusun anggarannya. Misalkan untuk biaya ini sekian biaya itu sekian dan lain-lain. Jangan sampai anggaran kita melebihi gaji yang kita punya.

3. Berusaha tidak hutang
Mempunyai gaji yang pas-pasan tentunya sangat sulit mengaturnya. Sebab terkadang karena kondisi yang tidak memungkinkan terpaksa kita mengambil tindakan berhutang. Tapi masih bisa dihindari sejak dari awal kita yang mengendalikannya.


4. Membedakan mana kebutuhan dan keinginan
Kita usahakan mengeluarkan uang hanya untuk kebutuhan saja, tidak usah tergiur dengan barang bagus. Misalnya, sudah memiliki tas masih menginginkan tas yang lebih bagus.

5. Belanja secukupnya tidak berlebihan atau sesuai kebutuhan saja
Apabila kita sedang belanja kita fokus ke tujuan belanja kita tidak usah menengok atau melirik barang lain bisa-bisa kita tergoda ingin membelinya.

6. Bergaya hidup yang bersahaja
Gaya hidup yang sederhana atau tidak bernewah-mewahan itu juga sangat penting mengingat mempunyai keuangan yang pas-pasan.

7. Tetap bisa menabung
Walaupun pas-pasan setidaknya kita bisa menyisihkan sedikit uang buat menabung misalkan dengan cara sisa atau kembalian uang belanja, meski sedikit lama-lama menjadi bukit begitu pepatah mengatakannya.

8. Memiliki tujuan finansial atau target
Dalam tujuan hidup harus ada targetnya seperti pada keluarga pun kita juga harus mempunyai target atau tujuan finansial misalnya, anak kita akan masuk kuliah empat tahun yang akan datang. Maka dengan adanya tujuan tersebut kita bisa mengumpulkan uang dari sekarang untuk tujuan tersebut.

9. Hemat tapi tidak pelit
Keuangan atau gaji yang pas-pasan bukan satu-satunya alasan untuk pelit. Kita bedakan hemat dan pelit, kalau hemat belum tentu pelit.

10. Menyisihkan uang untuk bersedekah
Berkaitan dengan hemat belum tentu pelit, dengan keuangan pas-pasan kita juga pun bisa menyisihkan sebagian dari gaji kita untuk bersedekah. Ada sebagian orang menganggapnya tidak mungkin dilakukan karena keuangan yang pas-pasan, ini menurut saya harus dipaksakan sebab dengan bersedekah tidak menyebabkan kita menjadi miskin. Semoga berapapun keuangan atau gaji kita yang kita peroleh tetap barokah aamiin. 



Artikel yang Sering Dibaca

Cara atau Tips Menghilangkan Bau Apek Beras

Benarkah Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Berendam Air Hangat

Mengatasi Gangguan Kesehatan Ringan dengan Cara Terapi Makanan

Berkali-kali Keluar Bercak Darah Seperti Haid atau Menstruasi Bukan Selalu Penyakit Ternyata Tanda Kehamilan

Cara Berhati-hati dari Najis Ketika Memandikan Bayi di Bak

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Perut Buncit Susah Sekali Rata

Bagaimana Mengajari Anak Bergaul atau Bersosialisasi dengan Temannya

Blogger Sebagai Job atau Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Beberapa Alasan Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger