Artikel Terkait

Cara Membuat Es Krim Dengan Bahan Yang Simpel Mudah Didapat

Siang hari ini udara sangat panas, tenggorokan terasa kering pinginnya minum dan makan yang segar-segar. Apalagi si kecil di rumah, inginnya minta es krim melulu, saya pikir ketimbang bolak-balik membeli di toko mending saya buatkan sendiri. Kalau dipikir-pikir bisa lebih hemat tidak perlu merogoh koceng yang dalam.

Langsung saya pergi ke dapur membuka kulkas kulihat ada sisa maizena, wah ini bisa dijadikan bahan membuat es. Kemudian saya kumpulkan bahan yang dibutuhkan, dan sambil memikirkan ide untuk membuat es krim dari bahan yang simpel dan mudah dicari di toko terdekat.

Dan hasilnya ide saya tersebut berhasil saya wujudkan, memang ternyata benar membuat es krim sangatlah mudah meskipun dari bahan yang simpel. Dan akhirnya saya peroleh bahan-bahan tersebut antara lain:

1. Susu kental manis
Karena saya membuatnya dua rasa jadi saya siapkan skm coklat dan putih.
2. Susu bubuk 
Kebetulan saya ada sisa susu bubuk kardus jadi tinggal pakai.
3. Pengemulsi atau sp
Sebelum digunakan kita tim terlebih dahulu.
4. Tepung maizena
Sebagai pengganti tepung kanji juga boleh tapi menurut saya kurang afdhol.
5. Gula
Jika dirasakan kurang manis tinggal nambah gula.
6. Garam
7. Air
5. Kuning telur

Kedelapan bahan-bahan diatas benar-benar simpelkan dan cukup murah bukan. Terus ceritanya begini sobat langkah atau proses pembuatannya saya dua kali periode, yang pertama saya membuatnya yang coklat terlebih dahulu dengan mencoba tidak pakai telur dan susu bubuk jadi seperti ini takaran yang saya buat:

- Satu kaleng skm
- Air 4 kaleng bekas skm
- 3 sdm maizena
- Sp 1 sdm
- Gula pasir 10 sdm
- Garam 1/2 sdt

Caranya, susu, air, maizena, gula dan garam saya rebus jadikan satu sampai mendidih kemudian diangkat dan kalau sudah dingin dimasukkan ke freezer kurang lebih 7-8 jam atau sampai membeku terus dicampurkan maizenanya kemudian dimixer sekitar 15-20 menit dengan kecepatan tinggi dan saya masukkan pada cup-cup mika agar mengambilnya lebih mudah untuk anak kecil tinggal ambil.

Tahap kedua saya membuat es krim putih kebetulan di rumah ada susu bubuk rasa caramel dan saya tambahkan pisang ambon jadinya seperti ini cara membuat dan resepnya saya ganti karena yang coklat tadi sudah banyak saya bikin, sambil sedikit ragu-ragu maklum sebab masih pertama kali mencoba membuat es krim sendiri khawatir kalau nantinya gagal, bismilah saya ambil gelas buat takaran dan panci lalu saya letakkan diatas kompor dengan resepnya seperti ini:

- 2 gelas air
- 1/2 gelas skm
- 2 sdm maizena
- 1/2 sdm sp
- 2 sdm susu bubuk
- 1 butir kuning telur
- 2 sdm gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 3 buah pisang dipotong dadu

Caranya sama seperti tadi semua bahan dicampur kecuali sp dan kuning telur direbus sampai meletup-letup lalu menunggu suhunya sampai normal kemudian dimasukkan ke freezer sampai beku kalau sudah beku kita keluarkan dan sp sama kuning telur dicampurkan langsung bisa dimixer. Setelah memixernya selesai saya masukkan pisang dipotong kecil-kecil. Kemudian adonan es krim saya masukkan ke dalam cup-cup mika dimasukkan ke freezer lagi bila sudah beku berarti es krim sudah jadi.

Ternyata apa sobat hasilnya tidak kalah enak sama yang coklat tadi, hasilnya lebih lembut dan pokoknya yummy. Silahkan dicoba sekali coba langsung sukses tidak perlu khawatir gagal. Hati saya sangat gembira karena membuat es krim buatan tangan sendiri sukses dan anak-anak suka sekali dengan es krimnya. Silahkan Anda mencoba sendiri semoga berhasil, sekian ya.

Artikel yang Sering Dibaca

Cara atau Tips Menghilangkan Bau Apek Beras

Benarkah Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Berendam Air Hangat

Mengatasi Gangguan Kesehatan Ringan dengan Cara Terapi Makanan

Berkali-kali Keluar Bercak Darah Seperti Haid atau Menstruasi Bukan Selalu Penyakit Ternyata Tanda Kehamilan

Cara Berhati-hati dari Najis Ketika Memandikan Bayi di Bak

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Perut Buncit Susah Sekali Rata

Bagaimana Mengajari Anak Bergaul atau Bersosialisasi dengan Temannya

Blogger Sebagai Job atau Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Beberapa Alasan Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger