Artikel Terkait

Cara Menjaga Keluarga Agar Tetap Harmonis

Jumpa lagi sobat salam sejahtera, kali ini saya berbagi Cara Menjaga Keluarga Agar Tetap Harmonis. 
Foto: pixabay.com


"Bagaimana caranya? "


Tahan sebentar, sebelum sobat melanjutkan membaca siapkan terlebih dahulu secangkir teh dan ambillah posisi duduk yang enak. Karena postingan yang saya buat kali ini lumayan agak panjang.


Langsung saja bacalah dengan penuh seksama! 


Laki-laki dan perempuan dipersatukan oleh sebuah tali pernikahan yang membangun sebuah hubungan yaitu keluarga. Semua orang mendambakan keluarganya tetap harmonis. 


Namun realitanya sebuah keluarga dalam perjalanannya itu pasti melalui bebatuan, kerikil, jalan yang berkelok naik turun dan sebagainya. Tidak seperti yang sebelumnya kita mengira bahwa keluarga itu berjalan mulus. Kita anggap saja semua itu ibarat bumbu-bumbu dalam masakan, tidak akan sedap jika masakan tanpa bumbu. 


Keluarga yang harmonis bukanlah keluarga yang didalamnya tanpa adanya godaan, ujian maupun cobaan. Bahwa semua keluarga itu sama mempunyai banyak berbagai rintangan. Semuanya itu tergantung bagaimana rumah tangga sobat menghadapi aral-aral tersebut, apakah kuat apa lemahkah benteng pertahanan rumah tangga yang sobat miliki. 


"Terus bagaimana cara memperkuat benteng pertahanan rumah tangga? "


Memperkuat benteng pertahan rumah tangga adalah termasuk salah satu jalan atau Cara Menjaga Agar Keluarga Tetap Harmonis. Membina hubungan keluarga yang harmonis merupakan suatu hal yang penting dilakukan oleh setiap orang. Karena dalam memulai suatu hal hendaknya dimulai dari diri sendiri atau keluarga. 


Tidak usah pakai lama, berikut ini adalah Cara Menjaga Keluarga Tetap Harmonis


- Saling Menghormati


Dalam keluarga sebagai seorang suami isteri hendaknya saling menghormati satu sama lain. Sebagai seorang suami jangan sekali-kali menghina isteri didepan orang lain begitu juga sebaliknya seorang isteri jangan pernah mengumbar aib suami kepada orang lain karena seorang isteri harus bisa menjaga kehormatan sang suami. Mengumbar aib pasangan sama halnya dengan membuka aib sendiri.


- Saling Menghargai


Hargailah pasangan kita dalam setiap pekerjaannya jangan meremehkan segala hal yang pasangan kita kerjakan. Salinglah memuji satu sama lain, biasakan mengucap terima kasih disetiap segala sesuatu yang pasangan kita berikan, contohnya suami memberikan uang kepada isteri yang jumlahnya kurang dari kebutuhan, seorang isteri harus tetap berterima kasih pada suami meskipun kurang. Suami pun harus demikian selesai isteri masak pujilah masakan dia dan ucapkan terima kasih, dengan pujian isteri akan merasa bangga hal ini sudah pernah saya bahas dalam Fakta Mengenai Wanita

- Saling Percaya


Kita beri kepercayaan pada pasangan masing-masing. Jika sudah diberi kepercayaan oleh pasangan, hendaklah kita gunakan kepercayaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Tidak usah ada saling mencurigai.


- Stop Egoisme


Egois adalah mementingkan diri sendiri daripada orang lain, kita dapat mengartikan lebih mementingkan diri sendiri daripada pasangan. Dalam sebuah keluarga kita saling membutuhkan, maka segala sesuatu kita terima, kita hadapi, kita pikirkan bersama-sama. Jangan membelakangi pasangan dalam bertindak.


- Saling Terbuka


Jangan sampai ada rahasia-rahasia diantara pasangan suami isteri, jika ada unek-unek dalam hati ataupun masalah yang sekecil apapun itu sebaiknya segera dibicarakan berdua. Masalah yang kecil tadi bila dibiarkan tidak segera diselesaikan akan bertumpuk-tumpuk hingga menjadi masalah besar. Malahan semakin rumit dalam mengatasi masalah yang sudah berlarut-larut.


- Saling Memberi Maaf dan Memaafkan


Biasakan meminta maaf pada pasangan kita bila perlu jadwalkan. Mungkin sebulan sekali seminggu sekali bila perlu setiap hari. Meski kedengaran remeh akan tetapi, sangatlah penting bagi pasangan. Sebab ada juga suatu pasang yang tidak biasa melakukannya bahkan belum pernah saling meminta maaf.


- Penyegaran Perkawinan


Hubungan suami isteri yang dirasakan sedemikian indah pada masa awal pernikahan, pada suatu saat akan merasakan kejenuhan. Kita ibaratkan sebuah rumah tangga bagaikan taman apabila tidak dirawat dan tidak dipelihara dengan baik yang dulunya elok nan indah, otomatis taman tersebut akan rusak. Seperti halnya perkawinan membutuhkan refreshing atau penyegaran. Beberapa penyegar yang kiranya dapat diciptakan suami isteri dalam suasana romantis yang harus selalu dipelihara dan dihangatkan. Baca juga artikel 5 Perbuatan yang Jarang Dilakukan Pasangan Setelah Lama Berumah Tangga.


Kesimpulan


Keluarga yang harmonis adalah keluarga yang tetap tenang tidak mudah goyah dalam menghadapi konflik-konflik rumah tangga, agar keharmonisan tetap terjaga setiap pasangan hendaknya saling menghormati, saling menghargai, saling percaya, jangan egois, saling terbuka, saling meminta dan memberi maaf dan harus ada refreshing dalam perkawinan.


Sekian semoga bermanfaat bagi sobat dan sampai jumpa.

Artikel yang Sering Dibaca

Cara atau Tips Menghilangkan Bau Apek Beras

Benarkah Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Berendam Air Hangat

Mengatasi Gangguan Kesehatan Ringan dengan Cara Terapi Makanan

Berkali-kali Keluar Bercak Darah Seperti Haid atau Menstruasi Bukan Selalu Penyakit Ternyata Tanda Kehamilan

Cara Berhati-hati dari Najis Ketika Memandikan Bayi di Bak

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Perut Buncit Susah Sekali Rata

Bagaimana Mengajari Anak Bergaul atau Bersosialisasi dengan Temannya

Blogger Sebagai Job atau Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Beberapa Alasan Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger