Artikel Terkait

Apa Penyebab Sikap Emosional ?

Pixabay.com
Salam sejahtera sobat sekalian. Dalam kesempatan ini saya membahas artikel tentang apa sih penyebab munculnya sikap emosional pada diri seseorang.


Untuk itu sebelumnya siapkan terlebih dahulu secangkir teh hangatnya kemudian ambillah duduk dalam posisi enak.


To the point aja,
Sikap emosional adalah hal yang kodrati bagi manusia. Setiap manusia memiliki emosi selama hayat masih dikandung badan.

Untuk menciptakan langkah tepat, ada baiknya dengan melihat terlebih dahulu apa sih penyebab munculnya sikap emosional dalam diri seseorang itu?

Pertama, sikap emosional kadang-kadang muncul karena pengaruh orang-orang di lingkungannya yang bersikap emosional. Misalnya, seorang anak yang memiliki orang tua yang bersikap emosional akan cenderung meniru. Tanpa disadari biasanya sikap emosional ini, akan terbawa oleh si anak dalam lingkungan barunya.

Setelah menikah dilingkungan kerjanya, lingkungan kantor nya dan sebagainya, karena itu tak heran kalau faktor keturunan sering dijadikan rujukan dalam memahami kepribadian seseorang. Apakah cenderung bersikap emosional ataukah bersikap cenderung rasional.

Kedua, adanya pengalaman buruk yang dialaminya. Misalnya, gagal mencapai cita-cita, atau melakukan kesalahan-kesalahan yang sangat merugikan. Latar belakang ini sering menjadi pemicu munculnya sikap emosional mendadak, bila ada ha-hal yang mengganggu.

Ketiga, ada pertentangan atau konflik lahir dan batin. Konflik lahir berkaitan dengan orang lain yang dianggapnya tidak cocok atau tidak sesuai dengan keinginannya. Sedangkan, pertentangan batin berkaitan dengan diri sendiri yang merasa kecewa dengan dirinya sendiri. Misalnya, menyesali nasib buruk yang pernah menimpanya.

Keempat, kurang pergaulan membuat orang cenderung mudah emosional. Orang yang kurang pergaulan akan mudah tersinggung dan salah paham dalam menangkap maksud seseorang. Karena kurang pergaulan, wawasan menjadi sempit, padahal hidup terus berkembang.

Kelima, adanya kelainan kepribadian. Misalnya, sejak lahir mengidap suatu penyakit mental yang tidak mampu berpikir logis dan rasional. Bila dihadapi dengan sikap tegas dianggapnya membentak.

Nah, itulah tadi adalah beberapa penyebab sikap emosional seseorang. Mohon minta kritikan atau saran dan komentarnya. Saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa sobat di lain kesempatan.



Artikel yang Sering Dibaca

Cara atau Tips Menghilangkan Bau Apek Beras

Benarkah Ibu Hamil Muda Tidak Boleh Berendam Air Hangat

Mengatasi Gangguan Kesehatan Ringan dengan Cara Terapi Makanan

Berkali-kali Keluar Bercak Darah Seperti Haid atau Menstruasi Bukan Selalu Penyakit Ternyata Tanda Kehamilan

Cara Berhati-hati dari Najis Ketika Memandikan Bayi di Bak

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Perut Buncit Susah Sekali Rata

Bagaimana Mengajari Anak Bergaul atau Bersosialisasi dengan Temannya

Blogger Sebagai Job atau Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Beberapa Alasan Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger